Kali ini saya akan menjelaskan beberapa langkah sederhana yang perlu agan lakukan untuk membangun sebuah Warung Internet. Detail dari teknologi Warung Internet itu sendiri dapat nanti dibaca di buku yang berjudul “Teknologi Warung Internet”oleh Elexmedia Komputindo.
Tahap Perencanaan:
Hitung rencana bisnis dengan baik, komponen penting yang harus diperhatikan adalah:
Investasi yang terdiri dari beberapa komponen utama seperti komputer, peralatan jaringan LAN, printer, perangkat lunak, meja kursi dan biaya marketing sebagai gambaran perkiraan umum jumlah komputer akan menjadi biaya utama investasi. Jangan lupa biaya operasi bulanan yang meliputi gaji operator, office boy, satpam, akses internet, biaya telepon, listrik, dll.
Survey ke lapangan untuk melihat potensi pasar dengan beberapa patokan sederhana, yang perlu diperhatikan adalah:
Populasi pemuda yang berada di sekitar wilayah warnet (paling mudah jika berada di dekat kampus / sekolah).
Kemampuan finansial orang-orang muda tersebut (minimal mereka mampu mengeluarkan uang 10 - 20 ribu rupiah per-bulan untuk akses Internet).
Kuasai teknologi Internet & Intranet. Pada tahapan ini sebaiknya agan melakukan beberapa hal, yaitu:
Membeli / membaca buku tentang Internet, saya sarankan untuk membeli buku yang berjudul “TCP/IP Disain dan Implementasi” dan “Teknologi Warung Internet” yang di terbitkan oleh PT. Elexmedia Komputindo.
Tahap Instalasi:
Setelah agan yakin menguasai hal-hal di atas, kondisi pasar cukup baik dan secara modal memungkinkan, maka langkah selanjutnya adalah melakukan instalasi dan kegiatan pemasaran. Pada saat kegiatan instalasi ini waktu yang dibutuhkan relatif singkat mungkin hanya sekitar 1-2 minggu-an saja jika ruangan & telepon telah tersedia. Sisanya hanya melakukan instalasi komputer dan LAN yang dibutuhkan.
Hal yang paling sulit adalah mendidik operator (penjaga WARNET), karena dibutuhkan kemampuan komputer dan juga nantinya menjadi semacam customer care bagi pelanggan WARNET yang belum tentu semuanya mengenal Intenet, bahkan tidak mustahil sebagian besar belum mengenal Internet. Oleh karena itu sangat saya sarankan pada tahapan perencanaan, calon operator WARNET tersebut dididik dulu masalah Internet sebelum diterjunkan sebagai operator WARNET.
Tahap operasional:
Pada tahapan ini WARNET telah beroperasi dengan lancar, adapun yang perlu dikembangkan lebih lanjut pada saat operasional WARNET adalah:
Marketing / penetrasi pasar. Baik itu melalui leaflet yang relatif sederhana, Maupun menggunakan metode-metode marketing yang lebih kompleks, misalnya mengadakan acara-acara diskusi Internet di warga sekitar, talkshow melalui radio dll. Sering kali yang menjadi masalah adalah ketidaktahuan calon pengguna akan keuntungan yang diperoleh melalui internet. misalnya untuk usaha kecil & menengah, untuk entertainment, dll. Usahakan untuk memberikan wadah bagi pengguna agar menjadi jelas keuntungan yang akan diperoleh dari Internet, yang mungkin akan menarik juga adalah dengan menggabungkan kursus-kursus penggunanan Internet.
Membangun masyarakat melalui forum-forum diskusi misalnya melalui mailing list di Internet. Ada cukup banyak saat ini mailing list di Internet & juga dijelaskan dalam buku “Teknologi Warung Internet”.
Sekian dulu cuap-cuap dari saya, semoga dapat memberikan sedikit gambaran akan strategi yang perlu di ambil sebelum agan mengembangkan warung internet. Terus terang tempat yang paling menguntungkan untuk membangun sebuah warung Internet adalah di sekitar kampus atau sekolah. Mudah-mudahan dengan bertambah banyaknya warung Internet di Indonesia akan semakin memperbanyak jumlah pemuda Indonesia yang lebih cerdas dan kreatif di bidang teknologi. Semoga bermanfaat !
Investasi yang terdiri dari beberapa komponen utama seperti komputer, peralatan jaringan LAN, printer, perangkat lunak, meja kursi dan biaya marketing sebagai gambaran perkiraan umum jumlah komputer akan menjadi biaya utama investasi. Jangan lupa biaya operasi bulanan yang meliputi gaji operator, office boy, satpam, akses internet, biaya telepon, listrik, dll.
Survey ke lapangan untuk melihat potensi pasar dengan beberapa patokan sederhana, yang perlu diperhatikan adalah:
Populasi pemuda yang berada di sekitar wilayah warnet (paling mudah jika berada di dekat kampus / sekolah).
Kemampuan finansial orang-orang muda tersebut (minimal mereka mampu mengeluarkan uang 10 - 20 ribu rupiah per-bulan untuk akses Internet).
Kuasai teknologi Internet & Intranet. Pada tahapan ini sebaiknya agan melakukan beberapa hal, yaitu:
Membeli / membaca buku tentang Internet, saya sarankan untuk membeli buku yang berjudul “TCP/IP Disain dan Implementasi” dan “Teknologi Warung Internet” yang di terbitkan oleh PT. Elexmedia Komputindo.
Tahap Instalasi:
Setelah agan yakin menguasai hal-hal di atas, kondisi pasar cukup baik dan secara modal memungkinkan, maka langkah selanjutnya adalah melakukan instalasi dan kegiatan pemasaran. Pada saat kegiatan instalasi ini waktu yang dibutuhkan relatif singkat mungkin hanya sekitar 1-2 minggu-an saja jika ruangan & telepon telah tersedia. Sisanya hanya melakukan instalasi komputer dan LAN yang dibutuhkan.
Hal yang paling sulit adalah mendidik operator (penjaga WARNET), karena dibutuhkan kemampuan komputer dan juga nantinya menjadi semacam customer care bagi pelanggan WARNET yang belum tentu semuanya mengenal Intenet, bahkan tidak mustahil sebagian besar belum mengenal Internet. Oleh karena itu sangat saya sarankan pada tahapan perencanaan, calon operator WARNET tersebut dididik dulu masalah Internet sebelum diterjunkan sebagai operator WARNET.
Tahap operasional:
Pada tahapan ini WARNET telah beroperasi dengan lancar, adapun yang perlu dikembangkan lebih lanjut pada saat operasional WARNET adalah:
Marketing / penetrasi pasar. Baik itu melalui leaflet yang relatif sederhana, Maupun menggunakan metode-metode marketing yang lebih kompleks, misalnya mengadakan acara-acara diskusi Internet di warga sekitar, talkshow melalui radio dll. Sering kali yang menjadi masalah adalah ketidaktahuan calon pengguna akan keuntungan yang diperoleh melalui internet. misalnya untuk usaha kecil & menengah, untuk entertainment, dll. Usahakan untuk memberikan wadah bagi pengguna agar menjadi jelas keuntungan yang akan diperoleh dari Internet, yang mungkin akan menarik juga adalah dengan menggabungkan kursus-kursus penggunanan Internet.
Membangun masyarakat melalui forum-forum diskusi misalnya melalui mailing list di Internet. Ada cukup banyak saat ini mailing list di Internet & juga dijelaskan dalam buku “Teknologi Warung Internet”.
Sekian dulu cuap-cuap dari saya, semoga dapat memberikan sedikit gambaran akan strategi yang perlu di ambil sebelum agan mengembangkan warung internet. Terus terang tempat yang paling menguntungkan untuk membangun sebuah warung Internet adalah di sekitar kampus atau sekolah. Mudah-mudahan dengan bertambah banyaknya warung Internet di Indonesia akan semakin memperbanyak jumlah pemuda Indonesia yang lebih cerdas dan kreatif di bidang teknologi. Semoga bermanfaat !
repost dari blog lama saya "SMK NEGERI 1 KOTA MOJOKERTO / SQUAD ARJERO"
0
komentar
Langganan:
Posting Komentar (Atom)